KEKURANGAN DAN KELEBIHAN ATAP BAJA RINGAN, JASA PERHITUNGAN STRUKTUR ATAP BAJA RINGAN

 


Baja Ringan, Merupakan Alternatif pengganti kayu untuk konstruksi atap. Material Baja ringan biasanya terbuat dari campuran seng dan almunium. Baja ringan mengalami kemajuan dan menjadi primadona belakang ini untuk konstuksi atap, Kelebihan dari baja ringan ini adalah :

-          Material satu ini ringan jika dibandingkan dengan material atap lainnya. Bobotnya yang ringan membuat proses pemasangannya terbilang mudah.

-     Hal lain yang membuat baja ringan unggul adalah materialnya yang kuat dan awet. Ia tidak akan berkarat dan tahan terhadap cuaca ekstrem.

-     Material ini dapat dipotong dan dibentuk dengan mudah, mengikuti bentuk rangkanya. Selain itu, material ini pun mudah disambung dengan jenis atap lainnya.

-     Sifat baja ringan cenderung lebih lentur dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Kelenturan yang dimiliki material ini membuat tegangan tarik yang dihasilkannya cukup besar.

Material baja ringan pun memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

 

-          Kualitas dan keunggulan yang dimiliki baja ringan membuatnya memiliki harga yang cukup mahal. Namun itu tergantung pada merk yang Anda gunakan.

-          Sesuai dengan namanya, baja ringan memang memiliki sifat yang ringan, sehingga mudah terbang terbawa angin. Oleh karenanya, pemasangan harus dilakukan dengan benar.

-          Dari segi estetika, kerangka baja ringan terlihat acak-acakan dan bisa mengganggu nilai estetika bangunan.

-          Pemasangan kerangka baja ringan perlu diperhitungkan dengan benar, karena kegagalan memperhitungkan konstruksi dapat menyebabkan atap roboh.

 

Dengan Kekurangan yang dimiliki , dibeberapa project, pemasangan rangka atap baja ringan harus juga disertakan dengan perhitungan struktur nya, untuk meminimalisir kegagalan struktur pada rangka atap baja ringan tersebut.

 

Perhitungan struktur tersebut meliputi dari

-           Beban mati atau beban sendiri baja ringan

-           Beban Hidup, dan

-           Beban angina

 

Ada beberapa aplikasi untuk menghitung struktur atap baja ringan tersebut salah satu nya adalah SAP, aplikasi ini banyak dipakai oleh kalangan ahli struktur ataupun mahasiswa.

 

BAGI PEMBACA YANG MEMBUTUHKAN JASA PERHITUNGAN STRUKTUR BAJA RINGAN,

SILAHKAN HUBUNGI KAMI,

TERIMAKASIH

SEMOGA MEMBANTU

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN