CONTOH TABEL BESI SIKU DAN PENGERTIAN SPESIFIKASINYA


 Besi siku ialah batang besi berpenampang sudut membentuk 90 derajat atau siku-siku dan termasuk salah satu material penting dalam industri konstruksi. Sekarang ini, penggunaan besi siku semakin meningkat seiring berjalannya pembangunan.

Tanpa disadari, besi siku sering ditemukan di sekitar tempat tinggal. Mulai dari rumah tempat tinggal, bangunan komersial, kawasan industri, hingga lansekap perkotaan akan selalu bersentuhan dengan benda satu ini.

Spesifikasi Besi Siku :

Besi siku terbuat dari material logam besi dan secara lebih spesifik lebih dikenal dengan bar siku (angle bar) maupun L-Bracket yang terbuat dari plat besi yang ditambahkan lapisan anti karat. Besi siku ini diproduksi dengan panjang sesuai SNI (Standar Nasional Indonesia) yaitu 6 meter. Namun untuk lebarnya mempunyai ukuran yang bervariasi mulai dari 2cm, 3cm, 4cm dan juga 5 cm.

Ketebalannya berada pada kisaran 1,4 mm hingga 3,4 mm. Akan berbeda-beda, tergantung pada ukuran tiap penampang yang ada. Misalnya, besi siku dengan ukuran penampang 40 x 40 mm akan mempunyai beberapa ketebalan seperti 3,4 mm, 3,2 mm, 2,4 mm, dan 2,2 mm. berikut adalah contoh tabel besi siku dan koefisiennya :

Tabel Besi Siku dan Koefisien Berat/6m kg:

diatas merupakan tabel berat/6m atau 1btg, 
untuk mengetahui berapa kg/1m nya adalah , berat/6m atau 1btg dibagi 6,
contoh nya, kita akan mencari berapa berat/m dari besi siku ukuran 20.20.3 mm 
kita lihat tabel diatas berat/6m atau 1btg nya adalah 5,31 kg
jadi berat/m nya adalah 5,31 kg / 6 = 0,885 kg.

SEKIAN DARI KITA TERIMAKASIH.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN