CARA MENGHITUNG PEKERJAAN PENGECATAN DAN PENGERTIANNYA

 PEKERJAAN PENGECATAN

Pengecatan umumnya dilakukan pada dinding bangunan baik sisi luar (eksterior)  maupun sisi dalam (interior). pilihan warna cat untuk bagian luar tentu berbeda dengan bagian dalam . Usahakan menggunakan warna yang hangat dan bersahaja pada interior rumah agar rumah terasa lebih nyaman.

Pekerjaan pengecatan merupakan pekerjaan terakhir aau finishing dalam proses pembangunan gedung. pilihan waarna yang tepat akan menghadirkan ruangan yang elegan dan cantik. selain itu, cat yang dipilih haruslah cat yang tahan terhadap cuaca, tahan terhadap jamur, tidak mudah pudar dan mudah dibersihkan.


Selain dinding bangunan, pengecatan juga dilakukan pada plafond gipsum dan area yang dirasa perlu untuk dicat agar bangunan / rumah tampil cantik dan menawan.

Luas pekerjaan cat dihitung berdasarkan luas dinding bangunan serta panjang dan lebar plafond. Satuan yang digunakan untuk menghitung luas pengecatan adalah meter persegi  (m2).

Rumus yang digunakan untuk menghitung luas pengecatan dinding sama dengan rumus plesteran ataupun acian, yaitu :

Luas Pengecatan = Panjang dinding x Tinggi dinding x 2

sebagai contoh, kita akan menghitung luas pekerjaan pengecatan pada dinding berukuran panjang 10 meter dan tinggi 3 meter. luas yang didapat adalah : 
Luas Pengecatan = Panjang dinding x Tinggi dinding x 2
                             = 10 m x 3 m x 2 = 60 m2

Untuk pekerjaan pengecatan plafond, luas pengecatan sama dengan luas pekerjaan plafond gipsum.






TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT..


Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN