CONTOH PIHAK - PIHAK YANG MEMILIKI PERAN PENTING DALAM SEBUAH PROYEK

 

Contoh Pihak – pihak yang memiliki peran penting dalam sebuah proyek adalah :

1.            Pemilik Proyek ( owner ), Adalah orang atau badan tertentu yang berencana untuk mendirikan bangunan untuk keperluan komersial. Pemilik proyek bertanggung jawab untuk membayar seluruh biaya pembangunan sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani bersama.

2.            Konsultan Quantity Surveyor (QS), orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemilk proyek (owner) untuk menghitung jumlah biaya yang akan dikeluarkan oleh pemilik proyek dalam rencana mendirikan bangunan sesuai gambar desain dan spesifikasi yang ditentukan.

3.            Konsultan Struktur, orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemilk proyek (owner) untuk menghitung ketahanan bangunan agar struktur bangunan aman dalam jangka waktu yang direncanakan dan tidak runtuh bila gempa terjadi.

4.            Konsultan Manajeman Konstruksi (MK), orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemilk proyek (owner) untuk mengawasi pekerjaan kontraktor mulai dari kuantitas dan kualitas bangunan yang sedang dibangun, mulai dari pekerjaan awal hingga tahap akhir finishing.

5.            Konsultan Arsitek, orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemilk proyek (owner) untuk mendesain bangunan mulai dari tahap awal hingga pekerjaan finishing.

6.            Kontraktor, orang atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemilk proyek (owner) untuk mendirikan bangunan yang direncanakan.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN