CONTOH DAN FUNGSI BANGUNAN AIR LEPAS PANTAI

3 CONTOH  BANGUNAN AIR LEPAS PANTAI



1. BREAKWATER, Bangunan yang berfungsi untuk mencegah erosi pantai secara tidak langsung. Dengan cara meredam dan mereduksi energi gelombang. Tujuannya untuk memperkecil tinggi gelombang yang lolos ke perairan dalam naugan bangunan dan mengurangi transpor sedimen tegak lurus pantai. 

Breakwater atau Pemecah gelombang dapat berupa dinding vertikal, gundukan material, atau gabungan struktur keduanya. Struktur pemecah gelombang dirancang untuk dapat menyerap energi gelombang yang menghantamnya.

contoh jenis pemecah gelombang atau breakwater adalah BATU PECAH,

Pemecah gelombang jenis batu pecah, atau rubble mound, menggunakan rongga pada strukturnya untuk menahan energi dari gelombang. Struktur ini terbuat dari tumpukan bebatuan yang disusun berdasarkan ukurannya. Batu berukuran kecil diletakkan pada bagian tengah struktur, sementara batu yang ukurannya lebih besar diletakkan di lapisan luar sebagai perlindungan dari hantaman gelombang. Batu dan beton yang berada di lapisan luar menyerap sebagian besar energi, sementara kerikil dan pasir di lapisan yang lebih dalam digunakan untuk mencegah energi hantaman gelombang mencapai inti struktur. Semakin dalam perairan, semakin mahal biaya yang dibutuhkan untuk membuat struktur penahan gelombang.



2. TETRAPOD, Salah satu jenis pemecah gelombang yang sejajar dengan pantai dan berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi akibat cuaca ekstrim. Tetrapod terbuat dari beton dan menggunakan bentuk tetraherdalnya untuk mendisipasi gaya dari gelombang. Tetrahedron akan mengizinkan air dari gelombang untuk mengalir di sekelilingnya, alih-alih menahannya. Struktur ini mempertahankan posisinya dengan cara interlocking. 



3.SEAWALL, Bangunan pengaman pantai yang dibangun pada garis pantai yang digunakan untuk melindungi pantai dan serangan gelombang erosi dan limpasan gelombang ke darat.

Seawall atau Tembok laut dapat dibangun menggunakan berbagai macam material. Material yang umum ditemui antara lain beton bertulang, batu-batuan, baja, atau gabion. Material lain yang dapat digunakan antara lain: vinyl, kayu, aluminium, komposit serat kaca, dan kantong pasir yang terbuat dari jerami atau sabut kelapa. 

Tembok laut bekerja dengan cara memantulkan ombak yang datang dari laut sehingga mencegah terjadinya erosi. Tembok laut dapat memiliki dua kekurangan spesifik. Pertama, pantulan ombak dari tembok laut dapat menurunkan kedalaman pasir di depan pantai. Kedua, tembok laut dapat mempercepat erosi wilayah pesisir yang tidak terlindungi di dekatnya.

Rancangan dan jenis tembok laut tergantung pada karakteristik lokasi, termasuk proses erosi di sekitarnya.Terdapat tiga jenis utama tembok laut, yakni vertikal, melengkung, dan gundukan/tumpukan







Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN