5 HAL PENTING YANG HARUS DIPAHAMI KONTRAKTOR

 

Hal – hal yang harus diperhatikan dan dipahami kontraktor dalam menjalankan sebuah proyek, adalah :

1.            Memahami Gambar Kerja

                Memahami gambar kerja merupakan hal paling pokok yang harus dimegerti kontraktor sebelum melakukan kesepakatan dengan pemilik bangunan. Gambar kerja merupakan dasar bagi kontraktor unutuk mengajukan  penawaran harga satuan pekerjaan, menghitung volume pekerjaan (Bill of Quantity), serta mengajukan Rencana Anggaran Biaya (RAB) bangunan.

2              Membuat Uraian Setiap Pekerjaan

                Setelah proses pembacaan gambar, langkah selanjutnya adalah membuat dasar item-item pekerjaan sesuai gambar kerja yang sudah disepakati. kontraktor harus mengerti dan memahami seluruh biaya yang harus dikeluarkan untuk mengerjakannya. Tahap ini juga masuk dalam pengajuan penawaran harga satuan pekerjaa dan perhitungan RAB.

3.            Menjalin Hubungan Baik dengan Klien

                Hubungan yang baik dengan klien merupakan mutlak yang harus dijaga. Pemilik proyek tentu mengharapkan yang terbaik dari yang bias dilakukan kontraktor. Hal ini bias dilakukan dengan mencipyakan komunikasi yang baik dan berjalan dengan lancar antara kontraktor dan pemilik proyek.

                Komunikasi antara kontraktor dan pemilik proyek bisa juga berupa laporan harian, mingguan dan bulanan sehingga pemilik bangunan mengetahui progress pekerjaan dilapangan.

4.            Memiliki Pengalaman Kerja Yang Bagus

                Kontraktor merupakan perorangan atau badan usaha yang berperan sebagai penyedia jasa dalam proses pembangunan. untuk mendapatkan kepercayaan dari pemilik proyek maka harus dilakukan adalah memberikan hasil terbaik sesuai dengan mutu dan kualitas yang telah direncanakan.

5.            Menjalin Hubungan baik dengan Subkontraktor dan supplier

                Memiliki Hubungan baik dengan Subkontraktor dan supplier akan memberikan keuntungan yang bagus bagi kelancaran pengerjaan dilapangan serta persediaan material bangunan yang dating tepat waktu dengan kualitas baik sesuai yang direncanakan.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN