3 JENIS PEKERJAAN KONSTRUKSI


JENIS JENIS PEKERAAN KONSTRUKSI

Apakah kalian sudah tau jenis-jenis pekerjaan konstruksi? Bagi teman teman yang sedang bergelut atau belajar didunia konstruksi kita akan bahas disini ya teman teman.

 Ada berbagai jenis pekerjaan konstruksi, antara lain konstruksi jalan dan jembatan, gedung, dan jaringan irigasi. Berikut ini akan dibahas satu persatu:
1.    
Konstruksi Jalan dan Jembatan
Pekerjaan pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan jalan dan jembatan leading sectornya berada pada Kementrian Pekerjaan Umum Ditjen Bina Marga. Untuk diprovinsi, kabupaten/kota berada pada Dinas Pekerjaan Umum setempat.
Tujuan dari pekerjaan pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan jalan dan jembatan adalah untuk menghubungkan satu daerah ke daerah lain dan untuk memperlancar arus trasnportasi darat agar perpindahan orang, barang, dan jasa dari suat daerah kedaerah lain dapat lebih lancar sehingga akan tercipta keseimbangan dan pertumbuhan/perkembangan ekonomi didaerah yang terhubung jalur transportasi tersebut.

             
 2.    Konstruksi Gedung
Gedung merupakan suatu jenis penyediaan infrastruktur yang juga banyak menyita belanja pemerintah. Hampir setiap tahun, setiap kementrian, lembaga dan instansi dpusat maupun didaerah melakuan pembangunan gedung, baik untuk kebutuhan instansi itu sendiri maupun kepetingan masyarakat, misalnya pembangunan rumah sakit ataupun sekolah. Leading sector untuk jenis penyedia jenis infrastruktur ini adalah Kementrian Pekerjaan Umum Ditjen Cipta Karya.
              

3.   
Konstruksi Jaringan Irigasi dan Bendungan
Pembangunan infrastruktur berupa jaringan irigasi, waduk dan bendungan dilakukan untuk penyediaan infrastruktur bidang pengairan. Tujuan utama nya adalah untuk membantu peningkatan produksi pertanian, perlindungan sumberdaya air baku, perlindungan terhadap bahaya banjir, dan penyediaan energi terbarukan melalui pembangkit listrik tenaga  air. Leading sector untuk penyediaan infrastruktur jenis ini ada pada Kementrian Pekerjaan Umum Dittjen Sumber Daya Air.





             


Comments

Popular posts from this blog

CARA MENGHITUNG BEKISTING SLOOF , KOLOM, DAN BALK

CONTOH LAPORAN AKHIR KONSULTAN PENGAWAS

CONTOH LAPORAN PENDAHULUAN KONSULTAN